Eines Tages... und andere Hürden (German Edition)

Eines Tages... und andere Hürden (German Edition)

IPS Berdasarkan bacaan gerak ikan dalam air temukan ide pokok dan kalimat pengembang setiap paragrafberdasarkan berdasarkan bacaan gerak ikan dalam air ​.

Berdasarkan bacaan gerak ikan dalam air temukan ide pokok dan kalimat pengembang setiap paragrafberdasarkan berdasarkan bacaan gerak ikan dalam air ​.

Ide pokok merupakan inti kalimat dari paragraf tersebut. Ide pokok dari bacaam gerak ikan dalam air yaitu Ikan merupakan seekor hewan air yang bernafas dengan insang.

Pembahasan:

Kalimat adalah satuan ujaran berupa kata atau kumpulan kata yang dapat secara mandiri mengungkapkan maknanya secara utuh. [1] Kalimat adalah satuan kebahasaan terkecil yang mengungkapkan suatu gagasan yang utuh, baik  lisan maupun tulisan. Dalam bentuk verbal, kalimat berbicara dengan keras dan pelan, suara naik turun, disela oleh jeda, dan diakhiri dengan melodi akhir. Dalam huruf latin, sebuah kalimat diawali dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik (.) Untuk pesan atau informasi, tanda tanya (?) Untuk pertanyaan, dan tanda seru (!). Ucapkan perintah.

Setidaknya jenis formal kalimat  lisan dan tertulis membutuhkan subjek (S) dan  predikat (P). Tanpa kedua unsur tersebut, pernyataan bukanlah pernyataan, melainkan hanya frase. Di sini, kalimat dibagi menjadi  kalimat tunggal dan kalimat majemuk.

Pengertian kalimat pada umumnya merupakan gabungan dari dua kata atau lebih, baik  lisan maupun tulisan, yang disusun dalam pola tertentu untuk memberikan makna. Kalimat yang benar dan benar memang memiliki ciri-ciri tertentu. Artinya, mengandung unsur-unsur seperti S (subjek), P (predikat), O (objek), K (penjelasan), atau disingkat  pola S-P-O-K.

Elemen kalimat

  • S (subjek)

Subjek, biasa disebut sebagai  inti atau unsur utama dari sebuah kalimat, biasanya berbentuk kata benda dan biasanya diletakkan sebelum unsur predikat. Subjek adalah bagian yang membantu menunjukkan aktor dalam kalimat.

  • P (predikat)

Predikat adalah unsur yang memiliki fungsi menjelaskan apa yang dilakukan subjek dalam sebuah kalimat. Predikat biasanya menggunakan kata kerja atau kata sifat. Namun tidak hanya itu, predikat juga bisa diisi dengan kata sifat dan kata benda.

  • O (objek)

Objek biasanya setelah predikat. Suatu objek dapat dikatakan deskripsi yang berhubungan dengan predikat atau  yang bermasalah. Namun, dalam kalimat pasif, objeknya adalah subjeknya. Posisi objek harus selalu berada setelah predikat.

  • K (keterangan)

Kata keterangan dalam kalimat berada di  akhir. Unsur adverbia biasanya digunakan sebagai pelengkap sebuah kalimat. Anda dapat memasukkan frasa, kata, atau frasa dalam deskripsi.

  • Pelengkap

Pelengkap  adalah unsur yang melengkapi predikat, sedangkan hanya melengkapi kalimat. Hal ini menunjukkan bahwa posisi komplementer muncul setelah predikat.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang kalimat brainly.co.id/tugas/1382756

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1

[answer.2.content]